Sabtu, 11 Mei 2013

STRUKTUR ORGANISASI


15. STRUKTUR ORGANISASI

Organisasi secara umum diartikan sebagai sekelompok orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan dalam suatu organisasi perusahaan berskala kecil, bekerjasama melibatan beberapa orang saja yaitu pimpinan dengan beberapa orang karyawan yang akan dibagi tugas untuk mencapai tujuan perusahaan.
Secara Umum dapat disimpulkan unsur-unsur organisasi yaitu:
a.       Adanya sekelompok orang
b.      Kemungkinan adanya untuk saling bekerja sama, dan
c.       Adanya tujuan yang hendak dicapai.
Dalam suatu oranisai akan menimbulkan struktur organisasi masing-masing perusahaan yang bersangkutan yang dapat dianggap sebagai sebuah kerangka yang menitik beratkan pada manusia untuk dapat mengembangkan usaha mereka dengan baik.
Bentuk-bentuk struktur organisasi digolongkan atas tiga jenis yaitu;
a.    Organisasi Lini (Garis)
Sistem organisasi garis sangatlah sederhana dan banyak digunakan oleh perusahaan-peusahaan kecil. Selain itu organisasi garis mempunyai disiplin kerja yang lebih terjamin. Hal ini disebabkan bahwa sistem organisasi garis adalah kemungkinan timbulnya bahaya birokrasi yang ada.
b.    Organisasi Fungsional
Di dalam menyusun struktur organisasi ini bawahan tidak mempunyai pimpinan yang jelas karena setiap atasan memberi komando pada bawahannya sepanjang hubungan dengan fungsi atau bidang atasan tersebut. Keuntungan pada organisasi fungsional adalah keahlian bertambah besar sebagai akibat adanya pembagian kerja. Sedangkan kelemahannya adalah karyawan hanya mementingkan bidangnya saja.
c.    Organisasi Lini dan Staff
Sistem organisasi ini merupakan perpaduan dari kebaikan-kebaikan dari kedua sistem organisasi yang diatas. Organisasi ini diciptakan oleh Emerson. Dan untuk mencapai maksud itu dibentuk staff yang terdiri dari ahli-ahli dimana kedudukannya setingkat dengan puncak pimpinannya, setingkat dengan kabag atau dengan kata lain berada pada tingkatan kecuali tingkatan bawah yang tidak mempunyai staff.
Struktur organisasi diusahakan dapat menggambarkan suatu rangkaian dari tugas yang bertujuan agar supaya anggota yang ada didalamnya dapat bekerja sama dengan baik. Pembentukan struktur organisasi tersebut biasanya dipengaruhi oleh sifat dan jenis kegiatan usaha, ukuran dan faktor-faktor lain.
yang mempengaruhi kondisi perusahaan. Struktur organisasi yang telah ada merupakan dasar penyusunan kegiatan perusahaan. Struktur organisasi akan terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan kegiatan perusahaan serta tujuan pengawasan yang lebih efektif.
Struktur organisasi perusahaan yang berlaku saat ini berbentuk garis staff, dimana terdapat fungsi staff sebagai pembantu pimpinan dan bertanggungjawab kepada pimpinan serta adanya wewenang dan tanggungjawab mengalir dalam suatu garis lurus dan masing-masing kepala bagian atau seksi bertanggungjawab atas bagian yang dibawahinya. 

1 komentar:

  1. Hallo kita ada juga nih artikel tentang 'Struktur Organisasi' silahkan kunjungi dan dibaca. Ini linknya;
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/521/1/paper_Darma_59-68.pdf
    Thank you.
    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus