03. 10 PERAN
ORGANISASI DAN METODE
Peran Organisasi :
Jadi secara sederhana, organisasi adalah suatu kerjasama
sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan mau terlibat
dengan peraturan yang ada. Organisasi ialah suatu wadah atau tempat untuk
melakukan kegiatan bersama, agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan
bersama.
Berdasarkan arti dari organisasi yang diungkapkan oleh
beberapa orang diatas, peran organisasi dalam sebuah perusahaan sangatlah
penting, karena perusahaan didirikan untuk mencapai suatu tujuan tertentu dan
untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan aktifitas, kerja sama, dan tentu saja
orang yang melakukan aktifitas tersebut atau sumber daya manusia yang ketiga
unsur ini terdapat dalam sebuah organisasi. Kesimpulanya, suatu perusahaan
untuk mencapai tujuan tertentu membutuhkan organisasi didalamnya agar bias
tercapai tujuan tersebut.
Peran Metode :
Setelah mengetahui arti dari Metode itu sendiri,
ktia bisa langsung menyimpulkan bahwa selain peran organisasi, metode tidak
kalah penting perannya didalam sebuah perusahaan. Dengan adanya metode dalam
sebuah perusahaan, maka perusahaan tersebut akan lebih mudah dan teratur dalam
mencapai tujuan, visi dan misi yang telah ditetapkan. Namun menurut saya, ada
beberapa factor yang mendukung untuk berjalannya suatu metode yang digunakan
dalam sebuah perusahaan atau organisasi, antara lain : organisasi yang baik dan
pemimpin organisasi yang tentunya juga harus baik dalam memimpin, sumber daya
manusia yang berkualitas untuk melakukan kerja sama agar tercapai suatu tujuan,
teori organisasi yang dipakai harus sesuai dengan jenis atau bentuk organisasi
yang dibentuk di dalam perusahaan tersebut. Dengan demikian perusahaan tersebut
akan lebih mudah dalam mencapai tujuanya serta akan lebih terstruktur dan rapih
karena memiliki metode dalam organisasi nya.
Kesimpulan :
Sebuah perusahaan tidaklah terlepas dari organisasi.
Organisasi dalam perusahaan merupakan hal penting dalam mencapai perusahaan
yang baik. Tata kelola yang baik adalah contoh dari organisasi yang berjalan
baik dalam perusahaan.
“Dalam dunia bisnis yang penuh dengan persaingan dan
perubahan yang sangat cepat, perusahaan perlu memiliki nilai lebih dan daya
tarik industri bagi para stakeholders. Suatu tata kelola perusahaan yang baik
sangat diperlukan untuk menjawab tantangan persaingan dan perubahan tersebut.”
(PT. PLN (PERSERO) Tbk)
Peranan organisasi dalam perusahaan tidak beda dengan
peranannya dalam kehidupan sehari-hari. Mampu memahami konsep organisasi sesuai
dengan kegiatan tuntutan operasi tertentu serta mampu menyusun rancangan
struktur organisasi perusahaan yang meliputi organigram, tugas pokok &
fungsi kegiatan operasi unit organisasi untuk mencapai tujuan merupakan peranan
organisasi dalam perusahaan. Sedangkan tanpa metode, suatu tata kerja yang
telah diorganisir secara baik, tidak akan mencapai tujuan secara efisien.
Diposkan
oleh wirakusu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar